Video of Day

Wednesday 7 October 2015

CV Kreatif Kaskus | Inspired from Kaskus Website


Siapa sih yang gak kenal Kaskus? dengan predikat sebagai "The Largest Indonesian Community" maka Kaskus sebagai kiblat bagi anak muda gaul yang mau update info-info yang bermanfaat, melepas jenuh, mencari informasi, atau banyak sekali ilmu yang bisa didapatkan. Smpe disebut seperti apa juga bingung soalnya disitu kayak warteg, apa-apa ada semua. hehehe...

Nah, pastinya udah tau kan kalo tampilan kaskus udah ada penyegaran. Selain lebih eye catching, tidak membosankan, selain itu susunannya juga lebih elegan. Pokoknya kalo menurut pandangan kami, kaskus yang sekarang sangat mengakomodir fungsionalitas dan aksesibilitas usernya yang dituangkan dalam layout kreatif.

Terinspirasi dari Kaskus, kami mencoba utak-atik dan membuat draft atau konsep bagaimana kalau Curriculum Vitae (CV) lamaran kerja dibuat seperti Kaskus. Yahh, walopun bukan untuk nglamar jadi backoffice-nya Kaskus :), tapi kita bisa melihat dari sisi kreatifitas dan estetika dalam desainnya. Tantangan internal ini alhamdulillah bisa ter-realisasi karena cukup lama untuk bisa menuangkan konsep Layout di web Kaskus ke dalam aplikasi Microsoft Word.


Berikut ini tampilan CV-nya:


contoh cv kaskus

Lalu apa saja detil spesifikasi dari CV ini, yuk cekidot dimari:

Didesain Menggunakan Microsoft Word 2010 (.docx)


CV Kaskus ini sepenuhnya dibuat menggunakan aplikasi Microsoft Word versi 2010 yang dijalankan diatas sistem operasi Windows. Jadi gak perlu pusing untuk menggunakan software canggih seperti Adobe Photoshop, Adobe Ilustrator, atau Corel Draw. Menggunakan ms word juga bisa kok meskipun bukan software pengolah grafis. Mayoritas layout ini disusun menggunakan shape dan text box serta ada tambahan icon-icon free yang bisa didapatkan di internet.

Icon Jejaring Sosial menggunakan Fonts.


Tidak perlu insert picture gan. Cukup ganti fonts-nya nanti bisa muncul icon jejaring sosial seperti facebook, twitter, linkedin, behance, wordpress, blogspot, vimeo, dan lain sebagainya. Fonts-nya juga free kok, bisa digunakan secara bebas, yaitu Socialicious.ttf. Ini sangat bermanfaat bagi yang ingin mencantumkan akun sosialnya misalnya didalamnya ada portfolio, sebagai contoh Behance atau DeviantArt. Terkadang HRD bisa aja iseng untuk melihat profil jejaring sosial kita, semisal facebook atau LinkedIn. So, saran ane jangan sampe menggunakan kata-kata yang tidak seharunsya, misalnya "A1v1nD4 Imoet Beudh".

Icon yang mudah diganti warna-nya.


Untuk icon yang digunakan bisa diganti-ganti warnanya gan. Cukup menggunakan Shape Fill kemudian pilih warna yang disukai. Selain itu bisa dibesarkan juga ukurannya dan tidak akan pecah karena menggunakan format vector bukan raster image.

Menggunakan Vector Graphics yang bervariasi dari internet


Maksud vector graphics disini adalah gambar-gambar yang bersifat free bisa didapatkan dari internet. Agan bisa menggunakan keyword "flat icon png" (tanpa tanda petik) di http://images.google.co.id. Dari situ ada banyak sekali ratusan icon maupun gambar berformat .PNG (Portable Network Graphics) sehingga bisa transparan dan tidak seperti format file .JPG yang masih menyisakan background putih di gambar-nya.

Mudah Untuk Diedit atau Dimodifikasi


Untuk mengedit atau memodifikasi CV ini sangat mudah kok gan, karena mayoritas desain menggunakan fitur "Insert - Shape" dan juga "Insert - Text Box". Kemudian setelah itu bisa diganti warna backgroundnya, warna shape-nya, maupun warna tulisan-nya sesuai dengan yang dikehendaki. Untuk mengedit-nya tidak seperti Adobe Photoshop dkk yang harus menggunakan konsep layering. Cukup drag dan drop dan disesuaikan dengan ukuran agar lebih proporsional.

Selamat mencoba :)

 
Di sunting dari Kaskus.com

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.

Contact Form

Name

Email *

Message *