Video of Day

Thursday 8 October 2015

Cara menyimpan format ukuran dokumen Indesign

Dalam format ukuran dokumen indesign, biasanya sudah ada default ukuran dokumen (page size) yang sudah tersedia. Antara lain yang sering dan lazim digunakan adalah Letter, Legal, Tabloid, A4, dll.

Nah, ada kalanya, seorang layouter ingin menggunakan pilihan default ukuran dokumen, tapi dengan ukuran dokumen yang khusus yang sering kali tidak masuk dalam default ukuran dokumen.

Ternyata, kita bisa membuat format ukuran dokumen sendiri dan memasukannya sebagai default ukuran dokumen. Caranya pun ternyata sangat mudah.

Misal, kita ingin membuat format dokumen berukuran persegi, dengan panjang 15 cm dan lebar 15 cm.

Silahkan pilih File > New > Document

Isi Width dan weight masing-masing 150 mm, kemudian pada pilihan Page Size, silahkan pilih Custom Page Size.



Pada menu custom paga seize, silahkan isi nama format ukuran dokumen, pada contoh di bawah ini, saya memberi nama "Persegi", lalu klik OK.



Setelah di klik OK, maka akan muncul dokumen dengan ukuran 15 cm x 15 cm. Format ukuran dokumen "Persegi" otomatis sudah tersimpan di database page size indesign kita.

Nantinya, jika kita ingin membuat dokumen berukuran 15 cm x 15 cm, kita tinggal memilih format ukuran "Persegi" pada menu page size tanpa harus memasukkan kembali width dan height.

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.

Contact Form

Name

Email *

Message *